Sabtu, 17 Desember 2011

Kiat Menjadi Remaja Muslim Yang Sukses


Apakah “Sukses” itu?

“Sukses adalah proses perjuangan untuk menjadi lebih”.

Bagaimana Kiat Meraih “Sukses”?

Kesuksesan adalah dambaan setiap orang. Sukses belajar, bekerja, atau sukses dalam bidang-bidang lain. Namun banyak orang yang bertanya,”Kiat apakah yang harus kita tempuh agar kita menjadi orang yang sukses?”

Jawabannya:
“Kembangkanlah semua aspek dalam diri kita secara terus menerus dengan cara: mula-mula jadikanlah diri kita lebih baik, baik secara mental maupun secara spiritual,  sebelum kita melakukan dan memiliki lebih banyak”
Mental yang membaja adalah kunci sukses dalam kehidupan. Tetapi ingat, mental yang membaja jika tidak di dasari dengan iman dan taqwa hanya akan membawa kehancuran dan malapetaka, sebab hanya dengan mental yang kuat yang di dasari dengan iman dan taqwa yang akan dapat membawa manusia kepada kesuksesan dan kebahagian.

Langkah Pertama Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Berfikir Ikhlas dan Positif Sambil Menghadapkan Diri Kepada Allah dan Rasul”

”Dialah yang memperlihatkan kepadamu tanda-tanda (kekuasaan)-Nya dan menurunkan rezeki dari langit. Dan tiadalah mendapat pelajaran kecuali orang-orang yang kembali (kepada Allah).”(Q.S. Ghaafir [40]:13)
Kunci pertama kesuksesan adalah taqwa kepada Allah dan taat kepada Rasulullah SAW. 
Sesungguhnya di dalam ketaatan kepada Allah itu tersimpan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak dapat di capai, kecuali dengan berulang kali menghadapi cobaan. Karena itulah taatilah Robb-mu dengan sikap tabah menghadapi cobaan, agar kalian mendapatkan kenikmatan dalam beribadah dan kebahagiaan dalam taqwa, sehingga kalian dapat merasakan dan mengetahui nikmatnya ibadah. 
Yakin dengan teguh dan mantap, bahwa kebaikan itu adalah apa yang Allah pilihkan buatmu dan bukan yang engkau pilih buat dirimu sendiri. Jangan mengikuti hawa nafsu, jangan mengerjakan sesuatu yang tidak berguna, dan jangan taat pada makhluk, baik mulia atau hina (dalam pandanganmu) sehingga menghalangi dirimu untuk taat dan beribadah pada Robb-mu.

Langkah Kedua Untuk Mencappai Kesuksesan:

”Berbakti Kepada Orang Tua”

Salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan adalah berbakti kepada orang tua, karena anak yang berbakti kepada orang tua akan mendapatkan rezeki yang penuh berkah dari Allah. 
Nabi saw bersabda:
“Dari Anasr.a. ia berkata, ”Nabi saw bersabda” barang siapa yang ingin diperpanjang dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada orang tuanya dan menyambung tali silaturahmi.” (HR. Ahmad)

Langkah Ketiga Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Berfikir atau Menuntut Ilmu”

Dalam ungkapan yang sangat popular dikatakan:
“barang siapa yang menghendaki keberuntungan dunia maka harus dengan ilmu pengetahuan, barang siapa yang menghendaki keberuntungan di dalam kehidupan akhirat, maka harus dengan ilmu pengetahuan. Dan barang siapa yang menghendaki keberuntungan dunia dan akhirat, maka harus dengan ilmu pengetahuan.”
Berdasarkan pada ungkapan di atas, jelaslah di sini bahwa ilmu pengetahuan adalah salah satu kunci mencapai kesuksesan danderajat tinggi. Hal sama juga di katakan  Al-Quran:
“Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kamu lakukan.” (QS. Al-Mujadalah [58]: 11)
Ilmu pengetahuan yang baik yang di barengi dengan ketakwaan kepada yang Maha Kuasa adalah salah satu kunci kesuksesan duniawi dan ukrawi.

Langkah Keempat Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Gemar Membaca”

Membaca adalah salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan, sebab membaca menyebabkan kita mendapat ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan itulah yang menyebabkan kita menjadi sukses. Ilmulah yang di wariskan para Nabi kepada kita. Dengan memiliki ilmu pengetahuan, manusiaakan meraih kemudahan dan keberuntungan di dalam kehidupan, mencapai kesuksesan di dunia maupun akhirat. Oleh karena itulah, maka ayat pertama dalam Al-Quran yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad saw adalah ayat yang berisi perintah membaca.
Dengan membaca, pengetahuandan ilmu kita akan bertambah. Selanjutnya ilmu dan pengetahuan ini akan memberi pengaruh pada kepribadian dan kematangan pola pikir kita.  Dengan banyak membaca, seseorang mengetahui cara dan langkah yang tepat untuk mengembangkan kepribadian dalam rangka menggapai kehidupan di dunia dan di akhirat.

Langkah Kelima Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Mengembangkan Bakat Yang Kita Miliki”

Mengenali bakat diri sendiri adalah salah satu cara mencapai kesuksesan. Kita perlu mengenal dan mengembangkan bakat kita masing-masing. Mengapa? Karena kemampuan manusia terbatas,  seseorang mungkin bisa melakukan suatu hal yang menurut orang lain sulit, namun di sisi lain ia tidak mampu melakukan pekerjaan yang menurut orang lain mudah. Artinya, setiap orang memiliki kemampuan di bidang terentu. Oleh karena itu, kembangkanlah bakat yang kalian punya untuk mencapai kesuksesan.

Langkah Keenam Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Menjaga Akhlak Dengan Kepribadia Yang Simpatik”

“Kepribadian yang simpatik” adalah salah satu kunci dalam kesuksesan yang sangat penting. Kepribadian atau akhlak yang baik ,seperti kejujuran, murahsenyum, suka bersilaturahmi, menghargai waktu, menghargai peranan orang lain untuk kita, dan sebagainya, akan membawa kita ke jenjang kesuksesan. Hargailah orang lain, berlaku sopanlah terhadap temanmu dalam belajar. Bila engkau lebih cepat dalam memahami masalah, janganlah sekali-kali kamu menghina temanmu dengan kata-kata ataupun perbuatanmu sembari menunjukan kebolehanmu dalam membahas atau menangani suatu masalah. Manfaat ke baikan yang kita lakukan pada hakikatnyaakan kembali kepada kita.
“Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik kepada dirimu sendiri” (QS. Al-Isra’[17]: 7)
Langkah Ketujuh Untuk Mencapai Kesuksesan:

“Gunakanlah Kesempatan Belajar Dengan Sebaik-Baiknya”

Gunakanlah kesempatan belajar dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah sekolah sebagai wahana meletakan dasar-dasar pengembangan kemampuan, baik kemampuan berfikir (IQ), kemampuan spiritual (SQ), maupun keterampilan. Jika guru/dosen sudah memulai pelajaran, janganlah kalian mengalihkan perhatian belajar kalian dengan cara mengobrol dengan teman atau melamun saat materi pelajaran disampaikan. 
Berlaku sopanlah terhadap temanmu dalam belajar. Bilaengkau lebih cepat dalam memahami masalah, janganlah sekali-kali kamu menghina temanmu dengan kata-kata ataupun perbuatanmu sembari menunjukan kebolehanmu dalam membahas atau menangani suatu masalah.
Sesungguhnya ilmu adalah amanah, barangsiapa yang menggunakannya di jalan kebatilan, maka berarti ia telah menyia-nyiakan amanah dari Allah. Perbanyaklah mudzakarah (mengkajiulang) pelajaran yang telah kalian dapatkan, berusahalah untuk mengerti arti yang terkandung di dalamnya, kemudian tanamkan pengertian itu dalam hati, karena ilmu pengetahuan itu adalah sesuatu yang kalian fahami, bukan sesuatu yang kalian hafal.

Sumber:
CARA BIJAK Mengatasi REALITAS HIDUP Remaja Muslim
Karya:
Hj. R. Adjeng Ratna Suminar, SH., MM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar